Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Yogyakarta atau Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berada tepat di pusat Kota Yogyakarta. Bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan dan juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Di dalam kompleks Keraton Ngayogyakarta juga merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan.

Keraton Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan). Selain bangunan Keraton Yogyakarta yang masih kokoh berdiri, warisan budaya tak benda berupa upacara adat masih dilestarikan hingga sekarang. Di dalamnya juga masih menjunjung nilai-nilai yang ditanamnkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwana I sebagai pendirinya.

Terdapat 2 alun-alun yang menjadi halaman depan dan halaman belakang dari Keraton Yogyakarta ini, yaitu Alun-alun Lor (Alun-alun Utara) dan Alun-alun Kidul (Alun-alun selatan). Kedua masih berfungsi sangat baik hingga sekarang. Selain itu, di sebelah barat Keraton juga terdapat Masjid Gedhe (Agung) Kauman yang juga masih dirawat dan digunakan untuk beribadah hingga sekarang.

Anda dapat mengunjungi Keraton Yogyakarta setiap hari dari jam 08.00 – 14.00 wib. Tapi khusus untuk hari Jum’at  Keraton Jogja dibuka dari jam 08.00 wib – 12.00 wib. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp.7.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500,- untuk wisatawan asing atau manca negara.