Gudeg Jogja

Kalau berbicara mengenai kuliner di Jogja pasti tidak lepas dari makanan yang satu ini, Gudeg. Rasanya yang manis dan berwarna cokelat ini menjadi salah satu kuliner yang wajib anda nikmati ketika datang berkunjung ke Jogja. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan dan di beri alas daun jati yang menjadikan makanan ini berwarna coklat kemerahan.

Gudeg biasanya disajikan dengan suiran daging ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek untuk mengimbangi rasa manisnya. Sajian gudeg ini akan lebih mantap dengan tambahan kuah areh yang sangat gurih.

Ada 2 varian gudeg yang ada di Jogja. Yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Yang membedakan dari kuah areh yang disajikan. Jika Gudeg kering anda akan menemukan kuah areh yang kental dan cenderung tidak berkuah, maka di dalam gudeg basah kuah areh akan lebih encer dan biasanya berwarna putih.

Daerah Wijilan, menjadi salah satu sentra Gudeg kering di Jogja. Hampir puluhan penjual gudeg berderet dari utara hingga selatan. Sedangkan Gudeg basah dapat anda temukan di beberapa tempat seperti Ex Bioskop Permata, Gudeg Pawon, Gudeg Batas Kota, Gudeg Bu Thekluk dan lain sebagainya. Yang kebanyakan dapat anda temui di malam hari setelah pukul 20.00.

Kalau soal harga cukup bervariasi. Mulai dari belasan ribu untuk porsi kecil, hingga ratusan ribu untuk porsi komplit dengan kendil atau berisi 1/2 atau 1 ayam utuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *